BERITA TER-UPDATE :
SEGENAP CIVITAS AKADEMIKA STAIN PONOROGO MENGUCAPKAN SELAMAT ATAS DITANDA-TANGANINYA PERPRES NOMOR 75 TAHUN 2016 TANGGAL 1 AGUSTUS 2016 TENTANG INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI (IAIN) PONOROGO
14
Des
2015
Workshop e-journal : dari Cetak menuju Digital
Ditulis oleh Administrator    PDF Cetak E-mail

Workshop e-journal : dari Cetak menuju Digital

STAIN Ponorogo, Jumat (11/12/2015) telah dilaksanakan Workshop e-journal dengan tema “Peningkatan Standarisasi Mutu Jurnal Ilmiah”. Workshop ini diselenggarakan oleh pengelola Jurnal Pemikiran Islam Al-Tahri dan dihadiri oleh dosen STAIN Ponorogo, juga para pegiat jurnal ilmiah perguruan tinggi se-Mataraman, meliputi pengelola jurnal berikut : DELIMA HARAPAN (AKBID Harapan Mulya Ponorogo), MUADDIB (UNMUH Ponorogo), AN-NUHA (STAI Madiun), AL-IBTIDA (STAI Diponegoro Tulung Agung), TRANSFORMASI (STAINU Pacitan), ADABIYA (INSURI Ponorogo), AL-MABSUT (STAI Ngawi), AT-DYDH (STIT Pacitan), LENTERA (STAIM Nganjuk), ILKES (STIKES Karya Husada Kediri), AT-TAHDZIB (STAI AT-TAHDIB Jombang), UNIVERSUM, Episteme (STAIN Kediri), Jurnal BAHASA dan SASTRA (STKIP Ponorogo), dan AL-TAHRIR (STAIN Ponorogo).

Acara Workshop e-Journal dibuka oleh Waket 1, Dr. Basuki, M.Ag. dalam sambutannya, dia menjelaskan urgensitas mempubikasikan karya ilmiah, baik berupa hasil penelitian maupun skripsi mahasiswa. Karya ilmiah harus memiliki nilai guna bagi komunitas ilmiah dan indikasi yang jelas ‘dicitasi’ oleh penulis karya ilmiah yang lain, terutama dalam sebuah jurnal.  Workshop ini bertujuan tumbuh kesadaran untuk mempublikasikan karya ilmiah secara online, juga agar para pengelola jurnal itu sendiri mengerti akan pentingnya publikasi jurnal ilmiah secara online.

Untuk itu dalam workshop ini menghadirkan dua Pembicara yang sudah berpengalaman di bidang per-jurnalan. Pembicara pertama adalah Dr. Imam Mahalli, M.Ag., beliau adalah ketua team penyusun buku pedoman, yang dalam isi pembicaraannya menjelaskan apa itu jurnal dan pentingnya mempublikasikan hasil karya jurnal melalui online. Pembicara berikutnya adalah Dr. Nazar Husen, M.F, yang pada pembicaraannya ia menyampaikan pendalaman tentang e-journal. Seluruh peserta diajak untuk praktek secara langsung mengecek/mendaftarkan ISSN jurnal mereka pada online.

Semoga dimasa yang akan datang karya ilmiah online lebih banyak dan yang masih media cetak menjadi digital (e-jurnal) online, agar memudahkan akses langsung kapanpun dimanapun dan lebih aman dari plagiasi. (reportase : harir/ editor : 666)

 

 

666