BERITA TER-UPDATE :
SEGENAP CIVITAS AKADEMIKA STAIN PONOROGO MENGUCAPKAN SELAMAT ATAS DITANDA-TANGANINYA PERPRES NOMOR 75 TAHUN 2016 TANGGAL 1 AGUSTUS 2016 TENTANG INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI (IAIN) PONOROGO
30
Nov
2011
PUSAT BAHASA
Ditulis oleh Administrator    PDF Cetak E-mail

I. Personalia

Ketua                         : Sugiyar, M.Pd.I..

Staf Bahasa Arab : Yufridal Fitri Nur S, M.Pd.

Staf Bahasa Inggris : Wiwin Widyawati, M.Hum

Website : http://bahasa.stainponorogo.ac.id/

II. Profil

Mata kuliah Bahasa Arab dan Bahasa Inggris termasuk komponenMKB (Mata kuliah Keahlian Berkarya) pada semua jurusan di STAIN Ponorogo. Pada mata kuliah ini mahasiswa dibekali agar memiliki empat kompetensi berbahasa. Keempat kompetensi berbahasa tersebut adalah kemampuan menyimak (istima’ – Listening), berbicara (kalam – conversation), membaca (qiraah – reading) dan menulis (kitabah – writing).

Bahasa Arab merupakan salah satu bahasa yang sangat digandrungi oleh masyarakat hingga kini. Di samping bahasa Arab sebagai sarana komunikasi secara lisan, bahasa Arab juga merupakan media untuk mempelajari studi-studi keislaman, baik buku-buku turats(klasik) atau muashirah (kontemporer). Karena itu diperlukanlah kemampuan mahasiswa terhadap bahasa Arab sebagai kemampuan dasar dan ilmu alat untuk mempelajari materi-materi keislaman lainnya. Hal ini dikarenakan bahwa mengkaji Islam pada level perguruan tinggi harus menggunakan sumber asli. Mempelajari Islam hanya dengan buku terjemahan dipandang tidak mencukupi.

Demikian juga halnya dengan bahasa Inggris, kini telah menjadi bahasa internasional yang digunakan dalam hampir setiap bidang kehidupan Oleh karena itu kemampuan mahasiswa di bidang bahasa Inggris, diharapkan mampu membekali mahasiswa agar tidak ketinggalan dengan perkembangan zaman.

Oleh karena itu dalam program pada semester pertama dan kedua, mahasiswa dibekali dengan kemampuan substantif yaitu kemampuan bahasa Arab dan Bahasa Inggris.

Center For English and Arabic Development yang bernaung di bawah Unit Bahasa STAIN Ponorogo berupaya mewujudkan kemampuan tersebut lewat program matrikulasi perkuliahan bahasa Arab dan Inggris.